Breaking News

Awal Tahun 2023, NTB Ekspor 1 Ton Manggis dan Rambutan ke Dubai

Ntb ekspor 1 ton manggis dan rambutan

Garis Merah- Perdagangan ke luar negeri tampaknya memiliki prospek cerah. Pada awal tahun 2023 NTB mengeksport buah segar berupa buah Manggis dan Rambutan dengan rincian 800kg manggis dan 200kg rambutan ke Dubai Uni Emirat Arab dengan total nilai US$ 4.072,6.


Adapun perusahaan yang mengeksport buah segar tersebut adalah PT Bintang Agro Sentosa yang berlokasi di Lingsar Nusa Tenggara Barat.


Pengiriman akan dilakukan melalui Cargo udara dan telah memanfaatkan fasilitas penerbitan Dokumen SKA (Surat Keterangan Asal) di Dinas Perdagangan Provinsi NTB.


Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Baiq Nelly Yuniarti mengatakan eksport manggis dan rambutan tersebut menjadi yang pertama di tahun 2023.


Dengan eksport manggis dan rambutan ini kata Nelly membuka peluang komoditi lain terutama buah segar untuk di eksport.


Nelly mendorong UMKM meningkatkan kapasitas dan berani mengembangkan sayap bisnis hingga menjadi eksportir.


"Selama ini komoditi kita di jual ke daerah lain kemudian di ekspor keluar negeri namun label nya tidak lagi barang asal NTB, kedepannya kita harapkan UMKM kita lebih banyak menjadi eksportir sehingga daya jual nya lebih tinggi," ujarya.


Badan Pusat Statistik (BPS) merilis nilai eksport NTB pada tahun 2022 meningkat tajam sebesar U$$ 232.322.051 atau meningkat sebesar 297,32%.


Dari total ekspor hingga Desember 2022 terdiri dari total ekspor tambang sebesar 284.67% dan untuk total ekspor non tambang sebesar 836.79%.(GM1)

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close