Breaking News

Mengenal Cerorot Kue Khas Lombok Berbentuk Terompet Yang Kaya Nutrisi

Cerorot Jajanan khas Lombok

Garis Merah- Pulau Lombok tidak hanya terkenal akan keindahan panorama alamnya yang memukau. Pulau Lombok juga kaya akan kuliner lezat dan menggoyang lidah.


Berbagai kuliner khas Lombok telah terkenal hingga ke mancanegara seperti Ayam Bakar Taliwang, Sate Rembige, Nasi Puyung, Nasi Rarang dan kuliner lainnya.


Selain itu jajanan khas Lombok juga tidak kalah lezat dan enak. Salah satunya adalah Cerorot jajanan khas Lombok berbentuk kerucut yang kaya akan nutrisi bagi tubuh.


Kue ini disajikan dengan bungkusan daun kelapa yang telah dibentuk mirip terompet kecil. Sebenarnya kue khas ini juga ada di beberapa daerah di Jawa, khususnya di Jawa Tengah. Namun yang membedakan kue cerorot khas Lombok dengan yang terdapat di daerah lain adalah terdapat pada tambahan bahan yang digunakan, yakni daging buah rotan.


Masyarakat Pulau Lombok biasa mencampurkan daging buah rotan ke dalam adonan kue ini. Hal ini yang membuatnya terasa lebih nikmat dan khas. Disamping cita rasanya yang khas, cara memakan kue ini juga tergolong unik. Cara makannya dengan memencet bagian bawah atau ujung kue, sehingga isi kue terdorong ke luar. Dari sinilah nama cerorot itu disematkan untuk nama kuenya.


Kue khas ini bisa ditemukan di beberapa pasar tradisional di Pulau Lombok. Terutama saat acara begawe (selamatan), saat Puasa Bulan Ramadan, menjelang Idul Fitri, menjelang Idul Adha, saat hari Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Nuzul Quran atau saat 17 s/d hari terakhir bulan Ramadan. Pada waktu-waktu tersebut yang berjualan di pasar tradisional Lombok cukup banyak. Sehingga Waktu yang tepat untuk menemukan Kue khas ini adalah saat Puasa Bulan Ramadan.


Kue Cerorot termasuk mengandung nilai gizi yang tinggi. Pada bahan dasarnya yaitu tepung beras yang merupakan sumber karbohidrat cukup tinggi, selain itu juga mengandung sumber energi sebesar 264 kkal/100 mg, protein, zat besi, vitamin B1, lemak, kalsium dan fosfor.


Kandungan pada gula merah pada kue ini juga merupakan sumber energi bagi tubuh yaitu sebesar 11 kkal/ 1sdt, karbohidrat 2,92 gr/1 sdt, gula 2,8 gr/1 sdt, sodium 1 mg/1 sdt dan kalium 100 mg/1 sdt. Santan kelapa yang terdapat pada kue ini adalah sumber makanan yang kaya akan nutrisi yaitu mengandung kalsium 200 IU / 1 cangkir, lemak, omega 3, serat dan protein.


Komposisi zat kimia yang terdapat dalam santan tidak berubah walaupun telah di masak. Santan juga mengandung kalori 120 kkal/ 2 sdm, gula 1-2 % gula untuk menghasilkan energi. Protein yang terdapat dalam santan adalah jenis protein rendah yaitu alanin, sistin, arsini dan serene, protein ini mudah dicerna tubuh untuk mempertahankan dan membangun sel-sel baru untuk rambut, kuku dan kulit.(GM1)

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close